Gerobak Bioskop Dewi Bulan


daripada melolong lebih baik menonton!

Dewi Bulan adalah program pemutaran film rutin yang digelar oleh Tanahindie bekerjasama dengan ruangrupa. Program ini adalah bagian dari program Gerobak Bioskop yang dilaksanakan oleh ruangrupa di 10 kota Indonesia (Makassar, Jatiwangi, Semarang, Surabaya, Padang, Aceh, Mataram, Bali, Dili, dan Jakarta).
Makassar mendapat kesempatan pertama dengan mengadakan peluncuran Gerobak Bioskop Dewi Bulan di Kampung Buku, Jalan Abdullah Daeng Sirua 192 E, dengan memutar beberapa karya film produksi artist dari ajang OK Video, karya-karya dalam komplikasi 10 Tahun Seni Video Indonesia 2000-2010 ruangrupa, dan film Nagabonar.
Program Gerobak Bioskop “Dewi Bulan” mengadopsi salah satu nama bioskop di Makassar bernama Bioskop Dewi (kini runtuh dan diganti bangunan ruko) yang pas dengan nama tenar kompleks di mana Tanahindie-Kampung Buku berada, yakni Kompleks BTN CV Dewi (nama resminya Kompleks Panakkukang Mas); dan menjadi pemutaran di pertengahan bulan, menunggu bulan purnama tiba!
Tanahindie adalah ruang mandiri yang didirikan sejak 1999 di Makassar, yang menggalakkan program berbasis seni dalam pengertian seluas-luasnya, dalam bentuk pameran, penulisan, penelitian, dan penerbitan.
ruangrupa merupakan artist’ inisiative yang didirikan 2000 oleh kelompok seniman di Jakarta. Organisasi nirlaba yang mendorong kemajuan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, lokakarya, penelitian dan penerbitan jurnal.

Jadwal tentatif tiga bulan pertama:
[1] Sabtu, 14 Mei 2011, pukul 19.30 Wita;
[2] Sabtu, 11 Juni 2011, pukul 19.30 Wita;
[3] Sabtu, 16 Juli 2011, pukul 19.30 Wita.
Bertempat di Kampung Buku, Jalan Abdullah Daeng Sirua 192 E [samping Kantor Lurah Pandang CV Dewi.

Selain jadwal rutin di atas Dewi Bulan juga menerima uluran kerjasama dari lembaga yang memiliki ketertarikan dan tujuan yang sama dalam menggalakkan program berbasis seni. Gerobak Bioskop Dewi Bulan siap mengadakan pemutaran di tempat yang telah diatur bersama oleh pihak pengundang. Untuk mengundang kami dan keterangan lanjutan silahkan hubungi Manajer Program Dewi Bulan Sdr. Bondan (085341243206/0411433775)

atau datang langsung ke:

Kampung Buku
Jalan Abdullah Daeng Sirua 192 E
Panakkukang, Makassar 90234

Leave a Response